Kenali Lebih Jauh Apa Itu Investasi Bodong


Penipuan investasi bodong masih marak, aksinya gencar dilaksanakan secara online ataupun offline. Beberapa penipuan ini sukses terungkap sesudah bukti-bukti disebarkan via social media. Akhir-akhir ini publik dikagetkan oleh maraknya pemberitaan penipuan investasi bodong yang terekspose dari sosial media. Salah satu investasi bodong yang terungkap merupakan program investasi dari Talk Fusion yang sempat gencar mencari korban dengan iming-iming untung besar mulai dari uang, jam tangan bermerek sampai mobil mewah.

Dengan tawaran untung yang menggiurkan hal yang demikian, praktis membuat kian banyak orang berminat untuk beinvestasi. Sayangnya, contoh investasi hal yang demikian biasa diketahui sebagai investasi bodong. Bukan untung yang didapatkan namun kerugian. Di Indonesia sendiri, investasi bodong masih marak dan menyasar orang-orang yang minim kabar tentang investasi dan lebih tergiur dengan untung tinggi sedangkan tak masuk logika. Oknum-oknum tak bertanggung jawab ini gencar memasarkan produk investasi terhadap masyarakat secara online dan offline. Kesibukan ini tentu saja sungguh-sungguh merugikan Anda. Untuk menghindari hal hal yang demikian, maka simak ulasan berikut tentang investasi bodong supaya Anda terhindar dari penipuan.



Pahami Arti Investasi

Sebelum mengulas tentang investasi bodong. Pahami khususnya dulu apa itu investasi dan bagaimana cara kerjanya sebelum memutuskan untuk ikut turun main dalam dunia investasi. Variasi biasa, Investasi merupakan kesibukan meghimpun dana atau aset dalam waktu tertentu dengan tujuan mendapatkan untung nantinya. Misalnya investasi melibatkan dua pihak merupakan pemberi modal sebagai yang memiliki dana dan perusahaan investasi yang mengelola dana dari pemberi modal hal yang demikian guna mendapatkan profit cocok dengan hasil investasinya

Variasi Investasi Bodong

Investasi via Online

Di era modern kini ini, modus kezaliman juga ikut mengikuti perkembangan zaman. Biasanya saja dengan adanya investasi bodong yang dilaksanakan via online. Variasi penipuan investasi via dunia maya ini marak terjadi. Cuma para pelaku mencari calon korbannya via iklan di media sosial yang berisi kalimat ajakan untuk berinvestasi dengan iming-iming profit besar dalam bentang waktu yang singkat. Variasi itu, pembohong bakal merencanakan semuanya dengan matang supaya kelihatan secara profesional. Seolah tak takut, mereka juga berani mencatut nama OJK/BI/Bank di produk yang mereka jual. Korban juga akan diberi website website palsu untuk registrasi investasi sampai menyetor sejumlah dana dengan iming-iming untung besar. Jangan terkejut seandainya tiba-tiba website investasi bodong bisa menghilang atau tak bisa diakses sama sekali, uang investasi Anda sirna tanpa jejak.

Arisan Bodong

Mirip dengan arisan pada umumnya, penipuan ini dilaksanakan dalam satu kelompok yang menghimpun uang. Tapi saja, dalam arisan investasi bodong , menawarkan profit yang besar setiap kali seseorang memperoleh giliran menang. Dalam kasus ini, pembohong akan berperan sebagai orang yang menghimpun dana arisan. Sasaran arisan bodong yang acap kali diadakan bervariasi mulai dari arisan uang, emas, barang, sampai iPhone. Arisan bodong ini juga marak dilaksanakan secara online. Modusnya dengan menawarkan arisan terhadap calon korbannya via sosial media Facebook/Instagram, korban dipinta mentransferkan uang sejumlah Rp500.000 seperti pada kasus di Lubuklinggau Februari lalu. Kemudian korban akan dijanjikan uang sebesar Rp1.5 juta sesudah 20 hari. Tapi, pada hari H akun bisa sirna atau berganti nama, dan uang yang Anda terima tak akan kembali. Sedangkan arisan bodong menyasar ibu rumah tangga sebagai korbannya. Tapi, tak menutup kemungkinan seandainya orang lain bisa saja terjebak dalam kedalamnya. Kesibukan ini sebab profit yang ditawarkan sangatlah besar dengan dana himpunan yang kecil membuat banyak orang berminat menirunya.

Koperasi Bodong

Bagaimana kita tahu, koperasi berfungsi untuk membantu memaksimalkan potensi dan kecakapan ekonomi anggotanya dan masyarakat. Termasuk koperasi simpan pinjam yang belakangan ini menjadi kedok dari investasi bodong seperti pada kasus Pandawa Group. Dalam kasus koperasi bodong, orang yang mau menyimpankan uangnya di koperasi diiming-imingi dengan sejumlah bunga besar perbulannya. Selain orang yang sudah tergabung dalam koperasi dipinta untuk mencari calon pemberi modal lain guna mendapatkan bonus. Kesibukan ini serupa dengan bisnis multi tahapan marketing (MLM).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali dan Waspadai Kedok Investasi Bodong Ini

Kesalahan dalam Melakukan Investasi dan Cara Memilih Investasi yang Tepat