Kenali dan Waspadai Kedok Investasi Bodong Ini


Bisnis yang mudah dan profit melimpah, inilah 2 hal yang senantiasa menjadi cita-cita bagi banyak orang dalam melaksanakan sebuah bisnis. Pada dasarnya kebanyakan orang akan malas melaksanakan kerja keras dan lebih bersuka cita kalau menemukan sebuah cara mudah dalam menerima uang. Pemikiran seperti di atas, justru seringkali menjadi kesempatan dan kesempatan bagi beberapa orang yang ingin memanfaatkan modal dan ketidaktahuan Anda mengenai dunia bisnis secara luas. Dengan sigap orang-orang ini akan melaksanakan segala ragam cara untuk mengambil profit yang sebesar-besarnya dengan beragam cara penipuan yang telah mereka rencanakan dengan benar-benar matang, adalah tipuan bisnis. Ada banyak ragam tipuan bisnis yang biasa dikerjakan oleh orang-orang, tapi pada dasarnya segala itu mempunyai skema yang sama, adalah tipuan Ponzi atau tipuan Piramida.




Tipuan Ponzi / Tipuan Piramida

Meski telah tergolong benar-benar penipuan tua dan pun telah hampir seabad umurnya, tapi tipuan ini masih saja sering dan pun benar-benar banyak dipakai oleh orang-orang dalam mengambil profit. Skema bisnis piramida/ponzi adalah skema yang mempunyai wujud piramida, di mana beberapa kecil orang yang berada pada puncak piramida akan menempati posisi teratas dan mempunyai penghasilan yang paling besar kalau diperbandingkan dengan sejumlah orang yang berada di posisi bawah. Jumlah ini akan benar-benar berbeda, dan pun dapat puluhan kali lipat bedanya. Kian tinggi posisi seseorang dalam skema piramida, maka akan kian besar pula profit yang didapatkannya dari bisnis yang dikerjakan tersebut. Hingga saat ini, bisnis dengan skema tipuan piramida ini masih benar-benar banyak dikerjakan, pun hampir di segala kawasan Anda dengan mudah menemukan bisnis ini. Pada dasarnya, bisnis dengan skema piramida akan ditawarkan dengan pola yang mudah dan benar-benar sederhana, tapi Anda akan ditawari dengan sejumlah profit yang benar-benar menggiurkan, sehingga Anda dengan benar-benar mudah akan terpengaruh dan ikut serta dalam bisnis tersebut. Biasanya Anda cuma akan ditawarkan untuk melaksanakan pendaftaran dan menyetorkan sejumlah dana, lalu langkah selanjutnya adalah Anda akan dipinta untuk mencari calon member lainnya yang akan bergabung dan menjadi downline bagi diri Anda sendiri. Cermat ini akan berlangsung terus menerus hingga membentuk skema piramida dan membikin Anda mempunyai kesempatan menaiki tahapan yang lebih tinggi dan pantas dengan regulasi serta ketentuan yang telah diatur oleh pendiri bisnis tersebut.

Kenali Dengan Meski

Ada banyak kasus dimana terjadi penipuan dalam jumlah dana yang benar-benar besar dan melibatkan ratusan atau pun ribuan orang nasabah. Cermat ini dikerjakan oleh sekelompok orang dengan mengaplikasikan penipuan bisnis yang berkedok investasi. Meski pemerintah telah mengingatkan dan memberi penjelasan mengenai resiko bisnis yang sejenis ini, tetap saja animo masyarakat benar-benar tinggi dan mudah tergiur oleh janji-janji profit yang melimpah. Tapi masyarakat yang seperti inilah yang pada akibatnya menjadi sebuah langkah mudah bagi para pelaku investasi bodong dalam melancarkan aksi dan modus yang telah mereka rencanakan, dimana dengan mudah mereka akan memberi pengaruh dan mengiming-imingi masyarakat dengan sejumlah kemudahan dan profit yang benar-benar tinggi dari investasi yang mereka kelola. Dapat tanggung-tanggung, para pelaku ini pun dapat menawarkan profit hingga mencapai puluhan kali lipat dari modal permulaan yang mereka setorkan. Sungguh angka yang mencengangkan dan pun benar-benar tak masuk logika. Tidak bagi beberapa orang, hal ini justru kelihatan seperti sebuah pilihan yang akan benar-benar menguntungkan, sehingga dengan bersuka cita hati mereka akan menyetorkan sejumlah modal dan pun ikut serta untuk mencari pemberi modal baru bagi perusahaan tersebut dengan imbalan sejumlah bonus atas kontribusi mengajak orang lain bergabung di sana. Dengan iming-iming sejumlah bonus tersebutlah, maka seringkali ditemukan kasus di mana member justru melibatkan member keluarga, teman dan kerabat lainnya dalam bisnis tersebut. Anggota dibayangkan berapa banyak kerugian yang akan ditanggung oleh satu keluarga, kalau segala member keluarga tersebut ikut bergabung dalam sebuah bisnis investasi bodong.   

Pada penipuan biasanya bisnis ini tak akan menawarkan/melaksanakan penjualan produk, sebab para pelakunya cuma berniat untuk mencari dan menerima sejumlah dana segar dari para anggotanya. Cermat ini cukup masuk logika, mengingat sebuah produk cuma akan membikin operasional menjadi kompleks dan sulit dibatasi, tapi kalau yang terkumpul adalah dana dalam wujud tunai maka dengan mudah dapat dibatasi dan dibawa kabur oleh para pelaku. Cermat ini tentu menjadi kerugian yang benar-benar besar bagi para pemberi modal yang telah menanamkan modal semenjak permulaan, sehingga banyak di antara mereka yang stres dan menyesali perbuatan melaksanakan investasi dengan sembarangan. Selama beberapa tahun terakhir, investasi bodong pun telah banyak menjamur via dunia internet, hal ini pun banyak dikerjakan via beragam sosial media, seperti: Facebook, Twitter, dan yang lainnya. Cermat ini menampilkan bagaimana investasi ini tetap tumbuh dengan subur di tengah-tengah masyarakat, sebab itu Anda  wajib jitu dan berhati-hati.

Berikut ini adalah beberapa ciri dari bisnis investasi bodong (bagus online ataupun offline):

·         Dapat mempunyai lokasi bisnis dan usaha yang jelas, aktivitas bisnis yang mereka miliki juga tak jelas, sehingga mustahil untuk meningkatkan nilai investasi yang mereka tawarkan.
·         Menawarkan sejumlah profit yang benar-benar besar dan pun berkali lipat dari modal yang disetorkan.
·         akan menerima penghasilan dengan cara merekrut member yang baru (downline) dan bukan via penghasilan dari aktivitas bisnis yang dikerjakan oleh pendiri investasi tersebut.
·         Pada biasanya mereka tak mempunyai produk yang dapat dipasarkan, sehingga bisnis tersebut cuma berjalan dengan minta sejumlah setoran modal dari para anggotanya saja.
·         sekali mengklaim bahwa mereka telah mempunyai banyak dan pun jutaan member di segala dunia, hal ini dikerjakan untuk mengambil kepercayaan dari calon korbannya.
·         pendekatan yang benar-benar gencar dan pun terbilang cukup mengganggu sebab intensitasnya benar-benar tinggi. Biasanya hal ini dikerjakan via telepon, e-mail, sosial media dan yang lainnya.
·         Bisnis ini seringkali ditawarkan oleh orang-orang terdekat, di mana pada dasarnya mereka telah terpenting dulu terjerat di dalamnya dan wajib mencari member yang baru untuk mengembalikan sejumlah dana yang telah disetorkan sebagai modal.
·         Memberikan penawaran promosi yang benar-benar gencar dan mendesak calon korbannya dengan embel-embel bahwa penawaran yang mereka lakukan cuma akan terjadi satu kali, kesempatan tersebut adalah kesempatan emas, dan beragam kata bujukan lainnya yang akan memberi pengaruh pikiran korbannya dengan cepat, sehingga melaksanakan investasi tersebut tanpa perhitungan.
·         Dapat ada kejelasan mengenai daerah / instrumen investasi yang dikerjakan, terkait dengan sejumlah modal yang telah disetorkan.
·         Seringkali pelaku membawa serta nama seseorang yang berakibat dan telah sukses mereka perdayai untuk bergabung di dalam bisnis yang mereka jalankan. Cermat ini juga dikerjakan dengan cara menampilkan tampilan web serta beragam brosur yang menarik mengenai bisnis yang mereka jalankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali Lebih Jauh Apa Itu Investasi Bodong

Kesalahan dalam Melakukan Investasi dan Cara Memilih Investasi yang Tepat