Kenali Modus Investasi Bodong


Terdapat modus-modus yang bisa diidentifikasi sebagai modus dari investasi bodong. Sedangkan penjelasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mari kita kenali 8 modus investasi bodong berikut ini:

Menawarkan Untung Tinggi

Sebaiknya, Anda jangan mudah tergiur dengan perusahaan investasi atau orang yang menawarkan investasi dengan profit yang besar. Kesibukan ini sebab prinsip dasar investasi merupakan merupakan high risk, high return, atau makin besar untungnya, makin besar risikonya. Siapa yang tak berminat seandainya cuma dengan menghimpun dana yang sedikit bisa mendapatkan profit besar. Sebagai gambaran, membeli satu produk investasi dibutuhkan dana Rp1 juta, profit yang didapatkan bisa menempuh 40% setiap bulannya. Produk ini juga bisa dibeli kelipatannya. Artinya, akan ada 40% untung untuk setiap Rp1 juta yang diinvestasikan, lebih dari itu ada indikasi investasi bodong.



Pilihan dalam Waktu Singkat

Variasi profit besar, pada umumnya, investasi bodong juga menawarkan waktu yang singkat dalam mendulang profit. Biasanya saja, dalam waktu satu bulan, profit sudah bisa didapatkan. Semakin, tak secepat itu untuk mendapatkan profit dalam berinvestasi.

Pilihan yang Macet

Pada permulaan menginvestasikan dana, memang Anda akan mendapatkan profit cocok yang ditawarkan. Akan namun, hal ini tak akan berlangsung lama sebab berikutnya profit tak akan didapatkan. Pihak perusahaan akan berkilah dengan seribu alasan sebab keuntungannya macet dan memberitahu nasabahnya untuk tetap tabah. Pada akhirnya, banyak pihak perusahaan yang sirna tanpa jejak.

Ada Investor Setelah Produk Investasi

Mirip dengan MLM, ketika membeli produk investasi bodong, Anda akan dihadapkan dengan opsi tahapan yang bisa dipilih. Biasanya ada opsi paket silver, gold dan platinum. Tidak tinggi jenjangnya, maka profit yang didapatkan akan kian banyak. Kesibukan ini yang membuat orang kian tergoda dengan penawaran yang diberi investasi bodong.

Tidak Mencari Terang Baru

Tidak Anda ikut serta dalam investasi bodong, maka pimpinan atau pihak yang lebih tinggi akan menugaskan terhadap peserta baru untuk mencari pemberi modal lainnya. Variasi itu, bagi orang yang bisa mendapatkan pemberi modal baru, maka akan diberi sejumlah bonus tambahan berupa uang. Oleh sebab itu, tak heran seandainya jaringan investasi bodong ini kian hari kian luas.

Perusahaan Tidak Terang

Perusahaan investasi yang menawarkan investasi bodong umumnya tak terang asal usulannya dan rekam jejaknya. Artinya, kredibilitasnya dalam mengolah dana investasi masih dipertanyakan. Perusahaan hal yang demikian juga tak teregistrasi di OJK dan terkesan bersembunyi-bersembunyi dalam menawarkan produknya.

Produk Tidak Terang

Tidak cuma perusahaannya saja yang tak terang, namun produk yang ditawarkannya malah tak terang. Maksudnya, perusahaan tak memberikan penjelasan terperinci akan produknya.  dalam sebagian kasus, para pemberi modal malah tak tahu akan produk yang dibelinya, mereka cuma menyetorkan sejumlah uang berdasarkan harga dari produk investasinya. Kesibukan ini sebab para pemberi modal ini tak peduli akan produknya, mereka cuma memikirkan profit yang akan didapatkan.

Pengelolaan Sumber Dana Tidak Terang

Tahukah Anda bagaimana pihak investasi bodong mengelola dana investornya? Pada umumnya para pelaku investasi bodong ini mengelola uang investasi dengan skema ponzi, piramida atau money game. Di mana profit yang diberi terhadap nasabahnya berasal dari uang pemberi modal yang baru masuk. Artinya, sebenarnya uang yang dikelola cuma berputar-putar dari para nasabahnya.

Ada juga yang menyalurkan uangnya ke UKM guna mendapatkan profit.  UKM mereka tak mendapatkan profit yang ditargetkanlah maka pelaku investasi bodong ini keder untuk memberikan profit terhadap nasabahnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali Lebih Jauh Apa Itu Investasi Bodong

Kenali dan Waspadai Kedok Investasi Bodong Ini

Kesalahan dalam Melakukan Investasi dan Cara Memilih Investasi yang Tepat